Pengertian Akuntansi, Definisi, Tujuan dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)

pengertian akuntansi,definisi akuntansi,pengertian akuntansi menurut para ahli,pengertian akuntansi biaya,pengertian akuntansi manajemen,pengertian akuntansi keuangan,pengertian akuntansi pemerintahan,

Pengertian Akuntansi – Tentunya bagi kita semua khususnya orang yang memiliki pendidikan di bidang ekonomi tidak asing lagi dengan ilmu yang satu ini. Akuntansi menjadi elemen penting dalam perekonomian masyarakat. Pengertian Akuntansi, Definisi, Tujuan dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)

Dalam perusahaan juga akuntansi ini sangatlah berpengaruh terhadap keuangan perusahaan. Dengan adanya akuntansi, suatu perusahaan akan mengetahui pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Pengertian Akuntansi, Definisi, Tujuan dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)

Maka dari itu tidak heran kalau akuntansi menjadi mata pelajaran di sekolah kejuruan dan universitas-universitas. Bahkan karena pentingnya akuntansi, Sekolah Menengah Atas (SMA) juga mereka belajar mengenai akuntansi walaupun masih dasar dan hanya jurusan IPS sajalah yang belajar tentan akuntansi. Pengertian Akuntansi, Definisi, Tujuan dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)

Berdasarkan beberapa hal diatas, maka dari itu kami coba akan sedilkit menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan akuntansi dan pengertian akuntansi. Pengertian Akuntansi, Definisi, Tujuan dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)

Definisi Akuntansi

Definisi Akuntansi – Apabaila diartikan secara umum, yang dimaksud dengan akuntansi ialah sebuah proses mencatat data, meringkas data, mengklasifikasikan data, mengolah dat, dan bahkan sampai menyajikan data transaksi, serta berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan keuangan. Dengan adanya ilmu akuntansi maka bisa memudahkan seseorang untuk mengambil keputusan atau  tujuan lainnya.

Atau dalam arti lain menyebutkan bahwa pengertian akuntansi ialah suatu bentuk interpretasi yang berasal dari keuangan perusahaan untuk mengukur seberapa dan menjabarkan kepastian berkaitan dengan informasi mengenai keluar atau masuknya uang perusahaan.

Bicara mengenai akuntansi sudah pasti akan berhubungan dengan angka-angka dan perhitungan yang sedikit rumit sebagai bentuk dari pencatatan transaksi. Atau apabila dipandang dari segi umum akuntansi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis sebagai pelaporan atas keuangan perusahaan.

Akuntansi sendiri dibagi menjadi berbagai macam bidang diantaranya ialah akuntansi keuangan, akuntansi Pemeriksaan atau auditing, Akuntansi perpajakan, Akuntansi manajemen, Akuntansi untuk organisasi nirlaba, Bidang akuntansi budgeter, Akuntansi biaya, Sistem akuntansi, atau Akuntansi sosial, dan lain sebagainya.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
Selain pengertan diatas, beberapa ahli juga telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian akuntansi. Berikut ini merupakan penjabaran yang telah dikemukakan oleh para ahli mengenai pengertian akuntansi.

1.       Pengertian Akuntansi Menurut AAA
Menurut American Acounting Association (AAA), yang dimaksud dengan pengertian akuntansi adalah suatu sistem pengidentifikasian atau pengukuran yangberfungsi untuk memberikan laporan informasi ekonomi serta penilaiannya.
Tujuan akuntansi seperti ini adalah untuk melakukan perhitungan dengan cara periodik pada suatu usaha atau biaya terhadap sebuah hasil yang dicapai.

2.       Pengertian Akuntansi Menurut ABP
Menurut Accounting Principle Board (APB) dalam Smith Skousen, yang disebut akuntansi ialah suatu aktivitas jasa yang bertujuan untuk menyediakan informasi secara kuantitatif, terutama pada hal yang memiliki sifat untuk pengambilan keputusan ekonomis dan dalam memberikan keputusan-keputusan pilihan yang logis di antara berbagai macam tindakan alternatif.

3.       Pengertian Akuntansi Menurut AICPA
Sedangkan menurut American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA), definisi dari akuntansi adalah sebuah seni dalam pencatatan, penggolongan, atau pengikhtisaran dengan beberapa cara-cara tertentu dalam segi moneter, transaksi, atau kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk juga dalam menafsirkan hasil-hasilnya.

4.       Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison
Selanjutnya pengertian akuntansi menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison. Mereka berdua berpendapat bahwa pengertian akuntansi adalah suatu sistem informasi yang kegunaannya mengukur aktivitas bisnis dan memproses data menjadi suatu laporan serta mengkomunikasikan hasilnya terhadap para pengambil keputusan.

5.       Littleton
Berdasarkan pendapat Littleton, pengertian akuntansi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menjalankan perhitungan secara periodik antara biaya atau usaha dan hasil ata prestasi. Definisi ini juga menjadi inti dari teori akuntansi dan dijadikan ukuran yang digunakan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

6.       Rudianto
Menurut Rudianto, pengertian akuntansi ialah sebuah sistem informasi yang memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu laporan kepada pihak yang berkepentingan mengenai suatu kegiatan ekonomi dan kondisi suatu badan usaha atau lembaga.

7.       C. West Churman
Menurut C. West Churman, yang dimaksud dengan pengertian akuntansi ialah pengalaman tertulis yang berguna untuk mengambil keputusan dan pengalaman yang terstruktur berharga bagi penentuan pilihan.

8.       Suparwoto L
Sedangkan menurut Suparwoto L, yang dikatakan dengan akuntansi adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk mengukur serta mengelola transaksi keuangan dan menyajikakn hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk laporan atau informasi kepada pihak-pihak internal atau eksternal perusahaan yang mempunyai kepentingan.

9.       Arnold
Menurut Arnold, yang diartikan sebagai pengertian akuntansi ialah sebuah sistem yang bertujuan untuk memberikan informasi terutama dalam bidang keuangan kepada siapa saja yang harus membuat keputusan atau kebijakan dan mengendalikan penerapan terhdapa keputusan tersebut.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan akuntansi ialah suatu sistem yang digunakan dalam bisnis yang membahas berkaitan tentang keuangan dan bagaimana uang itu masuk dan untuk apa uang itu keluar. Jadi, akuntansi ini sangat penting dalam dunia bisnis sebagai penentuan atau analisis laba dan rugi.

Tujuan Akuntansi

Pengertian Akuntansi - Tujuan akuntansi secara umum ialah untuk mengumpulkan dan melaporkan suatu informasi terkait dengan keuangan, posisi keuangan, kinerja, dan arus kas dalam sebuah bisnis. Informasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan ekonomi.
Namun apabila dijabarkan lagi, tujuan akuntansi dibagi menjadi sebagai berikut.

1.       Tujuan Akuntansi Secara Umum

·         Menyajikan informasi berkaitan dengan keuangan, baik itu aktiva atau passiva perusahaan
·         Menyajikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada berbagai sumber ekonomi atau netto perusahaan
·         Memberikan suatu informasi keuangan perusahaan yang bisa membantu dalam penentuan estimasi potensi laba perusahaan
·         Memberikan informasi berkaitan dengan perubahan pada berbagai sumber ekonomi dalam perusahaan, baik itu aset, hutang, serta modal.
·         Menyajikan sebuah informasi lainnya terkait dengan laporan keuangan untuk membantu yang menggunakan laporan tersebut

2.       Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Sedangkan secara khusus, tujuan dari akuntansi ialah untuk menyajikan suatu informasi dalam bentuk laporan yang isinya hal-hal yang berkiatan dengan keuangan seperti posisi keuangan, hasil usaha, atau perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau dengan Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

3.       Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

·         Menyediakan informasi yang relevan
·         Menyampaikan informasi yang sudah teruji kebenaran dan juga validitasnya
·         Informasi yang disajikan dapat dengan mudah dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan
·         Menyediakan laporan keuangan demi kepentingan seluruh pihak yang terkait dengan kegiatan perusahaan
·         Memberikan suatu informasi transaksi yang real time dan sesegera mungkin.
·         Informasi yang disampaikan berdasarkan atas PABU serta dapat diperbandingkan.
·         Penyampaian laporan keuangan tersebut harus lengkap dan memenuhi kriteria pengungkapan laporan keuangan.
Demikian bebrapa penjelasan kami mengenai pengertian akuntansi dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian akuntansi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.


Tautan Link :
pengertian akuntansi,definisi akuntansi,pengertian akuntansi menurut para ahli,pengertian akuntansi biaya,pengertian akuntansi manajemen,pengertian akuntansi keuangan,pengertian akuntansi pemerintahan,pengertian akuntansi secara umum,pengertian akuntansi menurut aicpa,pengertian akuntansi publik,pengertian akuntansi sektor publik,pengertian akuntansi menurut aaa,pengertian akuntansi pajak,pengertian akuntansi perpajakan,pengertian akuntansi syariah,pengertian akuntansi menurut american accounting association,pengertian voucher,pengertian akuntansi anggaran,pengertian akuntansi perusahaan jasa,pengertian akuntansi dasar,pengertian akuntansi menurut iai,pengertian akuntansi keuangan menurut para ahli,pengertian akuntansi pemeriksaan,pengertian akuntansi perbankan,pengertian akuntansi keuangan daerah,pengertian akuntansi adalah,pengertian akuntansi biaya menurut para ahli,pengertian akuntansi internasional,pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli,pengertian akuntansi perusahaan dagang,pengertian akuntansi bisnis,pengertian akuntansi dalam bahasa inggris,pengertian akuntansi desa,pengertian akuntansi keperilakuan,pengertian akuntansi konvensional,definisi akuntansi adalah,pengertian akuntansi kas,pengertian akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen,pengertian akuntansi pertanggungjawaban,pengertian akuntansi sektor publik menurut para ahli,pengertian akuntansi forensik,pengertian akuntansi brainly,pengertian akuntansi intern,pengertian akuntansi internal,pengertian akuntansi jasa,pengertian akuntansi komersial,pengertian akuntansi umum,pengertian entitas akuntansi,pengertian akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan,pengertian akuntansi akrual,pengertian akuntansi bank,pengertian akuntansi lingkungan,pengertian akuntansi secara luas,pengertian akuntansi sosial,pengertian akuntansi auditing,pengertian akuntansi berbasis akrual,pengertian akuntansi dari segi prosedur,pengertian akuntansi koperasi,pengertian akuntansi manajerial,pengertian akuntansi sebagai seni,pengertian akuntansi syariah menurut para ahli,pengertian voucher register,pengertian voucher hotel,pengertian gf akuntansi,pengertian akuntansi aaa,pengertian akuntansi diferensial,pengertian akuntansi inflasi,pengertian akuntansi lengkap,pengertian akuntansi menurut para ahli dalam bukunya,pengertian akuntansi nirlaba,pengertian akuntansi secara teknis,pengertian akuntansi terbaru,pengertian akuntansi umum dan akuntansi perbankan,pengertian etika akuntansi,pengertian fungsi akuntansi,pengertian pengertian akuntansi,pengertian regulasi akuntansi,pengertian voucher pembayaran,maksud zakat,pp 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintah,pengertian akuntansi biaya menurut mulyadi,pengertian akuntansi hotel,pengertian akuntansi kesehatan,pengertian akuntansi lembaga nirlaba,pengertian akuntansi menurut gaap,pengertian akuntansi negara,pengertian akuntansi tabungan,pengertian akuntansi tradisional,pengertian akuntansi wikipedia,pengertian akuntansi yayasan,pengertian akuntansi zakat,pengertian aplikasi akuntansi accurate version 4.2 enterprise,pengertian eksposur akuntansi,pengertian guru akuntansi,pengertian harmonisasi akuntansi internasional,pengertian worksheet akuntansi,psak 109 tentang zakat,psak 109 zakat,psak tentang zakat,10 pengertian akuntansi menurut para ahli,dalam dunia akuntansi pengertian voucher adalah,definisi akuntansi menurut,definisi akuntansi oleh para ahli,definisi akuntansi organisasi nirlaba,definisi akuntansi yang berbeda sudut pandangnya,definisi akuntansi yang dikemukakan oleh para ahli,definisi operasional akuntansi,definisi pengertian akuntansi,pengertiaan zakat,pengertian akuntansi 1,pengertian akuntansi 2,pengertian akuntansi 2013,pengertian akuntansi 2014,pengertian akuntansi 2015,pengertian akuntansi 2016,pengertian akuntansi 2017,pengertian akuntansi 2018,pengertian akuntansi agribisnis,pengertian akuntansi aicpa,pengertian akuntansi akrual menurut para ahli,pengertian akuntansi aset,pengertian akuntansi aset tetap,pengertian akuntansi bab 2,pengertian akuntansi berdasarkan fungsinya,pengertian akuntansi berdasarkan kegiatannya adalah,pengertian akuntansi biaya 1,pengertian akuntansi biaya overhead pabrik,pengertian akuntansi cabang,pengertian akuntansi cost accounting,pengertian akuntansi csr,pengertian akuntansi daerah,pengertian akuntansi dari 3 ahli,pengertian akuntansi dari 5 ahli,pengertian akuntansi dari 5 sumber,pengertian akuntansi dari segi bahasa,pengertian akuntansi dari sudut pandang kegiatannya,pengertian akuntansi dilihat dari fungsinya,pengertian akuntansi dilihat dari kegunaannya,pengertian akuntansi ebook,pengertian akuntansi ekonomi,pengertian akuntansi ekspor impor,pengertian akuntansi eksternal,pengertian akuntansi ekuitas,pengertian akuntansi etap,pengertian akuntansi farmasi,pengertian akuntansi finansial,pengertian akuntansi firma,pengertian akuntansi fiskal,pengertian akuntansi forensic,pengertian akuntansi forensik dan audit investigasi,pengertian akuntansi forensik menurut para ahli,pengertian akuntansi ganda,pengertian akuntansi giro,pengertian akuntansi global,pengertian akuntansi harga pokok standar,pengertian akuntansi hibrida,pengertian akuntansi hijau,pengertian akuntansi hotel dan manfaatnya,pengertian akuntansi hutang,pengertian akuntansi iai,pengertian akuntansi industri,pengertian akuntansi internasional menurut para ahli,pengertian akuntansi investasi,pengertian akuntansi islam,pengertian akuntansi istishna,pengertian akuntansi jasa bank,pengertian akuntansi jasa dagang manufaktur,pengertian akuntansi jasa dan contohnya,pengertian akuntansi jasa perbankan,pengertian akuntansi jika,pengertian akuntansi jika dilihat dari sudut fungsinya,pengertian akuntansi jika dilihat dari sudut fungsinya adalah,pengertian akuntansi jika ditinjau dari sudut pandang proses kegiatannya,pengertian akuntansi jurnal,pengertian akuntansi kelas 10,pengertian akuntansi kelas 12,pengertian akuntansi keuangan menengah 1,pengertian akuntansi lanjutan,pengertian akuntansi lanjutan 1,pengertian akuntansi latin,pengertian akuntansi leasing,pengertian akuntansi lembaga,pengertian akuntansi lembaga instansi pemerintah,pengertian akuntansi lembaga pemerintah,pengertian akuntansi lindung nilai,pengertian akuntansi menurut 10 ahli,pengertian akuntansi menurut 3 ahli,pengertian akuntansi menurut 3 ahli dan 2 lembaga,pengertian akuntansi menurut 3a,pengertian akuntansi menurut 4 ahli,pengertian akuntansi menurut 5 sumber,pengertian akuntansi menurut american,pengertian akuntansi menurut bahasa,pengertian akuntansi menurut george a mcfarland,pengertian akuntansi menurut kam (1990),pengertian akuntansi menurut para ahli tahun 2015,pengertian akuntansi menurut warren,pengertian akuntansi menurut warren dkk,pengertian akuntansi menurut weygandt,pengertian akuntansi menurut zaki baridwan,pengertian akuntansi minimal 5,pengertian akuntansi nasional,pengertian akuntansi nilai saat ini,pengertian akuntansi nilai sekarang,pengertian akuntansi nilai wajar,pengertian akuntansi non kas,pengertian akuntansi non profit,pengertian akuntansi nordic,pengertian akuntansi normatif,pengertian akuntansi oleh para ahli,pengertian akuntansi organisasi nirlaba,pengertian akuntansi pemerintahan menurut pp 71 tahun 2010,pengertian akuntansi penilaian wajar,pengertian akuntansi ppkd,pengertian akuntansi realisasi anggaran,pengertian akuntansi riil,pengertian akuntansi ruang guru,pengertian akuntansi rumah sakit,pengertian akuntansi secara garis besar,pengertian akuntansi sewa guna usaha,pengertian akuntansi skpd,pengertian akuntansi tahun 2015,pengertian akuntansi tahun 2017,pengertian akuntansi terbaru menurut para ahli,pengertian akuntansi tujuan akuntansi,pengertian akuntansi tujuan akuntansi peran akuntansi,pengertian akuntansi tujuan dan peran,pengertian akuntansi tujuan peran asumsi prinsip konsep dasar,pengertian akuntansi umkm,pengertian akuntansi unit teller,pengertian akuntansi universitas,pengertian akuntansi untuk bumd,pengertian akuntansi untuk perusahaan dagang,pengertian akuntansi untuk skripsi,pengertian akuntansi usaha persekutuan,pengertian akuntansi utang,pengertian akuntansi utang menurut para ahli,pengertian akuntansi wa'd,pengertian akuntansi wadiah,pengertian akuntansi yang benar,pengertian akuntansi yang dirancang,pengertian akuntansi yang mudah dipahami,pengertian akuntansi yang sederhana,pengertian akuntansi yang sesungguhnya,pengertian akuntansi yang singkat,pengertian akuntansi yang telah dikeluarkan oleh lembaga atau komite resmi,pengertian akuntansi zakat menurut para ahli,pengertian akuntansi.com,pengertian cash akuntansi,pengertian catatan akuntansi,pengertian catatan akuntansi biaya,pengertian catatan akuntansi menurut para ahli,pengertian coa akuntansi,pengertian cvp akuntansi manajemen,pengertian estimasi akuntansi,pengertian fakultas akuntansi,pengertian gaap akuntansi,pengertian harta akuntansi,pengertian hpp akuntansi,pengertian komputer akuntansi myob versi 18,pengertian objek akuntansi,pengertian obligasi akuntansi,pengertian organisasi akuntansi sektor publik,pengertian otoritas akuntansi,pengertian pengantar akuntansi 2,pengertian perlakuan akuntansi 2010,pengertian rekonsiliasi akuntansi,pengertian riset akuntansi,pengertian riset akuntansi keperilakuan,pengertian risiko akuntansi,pengertian rumus akuntansi,pengertian sistem voucher akuntansi,pengertian teori akuntansi bab 1,pengertian voucher akuntansi,pengertian wesel akuntansi,pengertian zahir akuntansi,peraturan pemerintah no 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan,peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan,pp 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan,standar akuntansi pemerintahan pp 71 tahun 2010,video pengertian akuntansi,3 pengertian akuntansi,3 pengertian akuntansi internasional,4 pengertian akuntansi menurut para ahli

0 Response to "Pengertian Akuntansi, Definisi, Tujuan dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)"

Post a Comment