Pengertian TEKNOLOGI Menurut Para Ahli, Manfaat dan Macam2 [LENGKAP]


Pengertian Teknologi – Hai teman-teman, bukan rahasia umum lagi pada zaman yang serba modern ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dengan teknologi. Teknologi merupakan hasil karya para ilmuwan di era Industri 4.0. Zaman dimana hampir semua aktifikas manusia dikerjakan dengan mesin. Pengertian TEKNOLOGI Menurut Para Ahli, Manfaat dan Macam2 [LENGKAP]

Pada awal dikenalnya teknologi, makna teknologi itu sendiri hanyalah sebatas pada benda-benda yang mempunyai wujud, salah satu contohnya ialah mesin dan peralatan. Pengertian TEKNOLOGI Menurut Para Ahli, Manfaat dan Macam2 [LENGKAP]

Namun sesuai dengan perkembangan zaman, makna teknologi kini sudah mengalami perluasan dan bukan hanya terbatas pada benda yang mempunyai wujud saja, akan tetapi juga terhadap benda yang tidak mempunyai berwujud, misalnya saja ilmu pengetahuan, metode, software, dan lain sebagainya. Pengertian TEKNOLOGI Menurut Para Ahli, Manfaat dan Macam2 [LENGKAP]

Maka dari itu teknologi dapat diartikan sebagai suatu cara atau proses atau alat atau kegiatan ataupun gagasan-gagasan yang dibuat dengan tujuan mempermudah berbagai macam kegiatan manusia. Pengertian TEKNOLOGI Menurut Para Ahli, Manfaat dan Macam2 [LENGKAP]

Apabila diartikan secara etimologis, kata teknologi merupakakn sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu technologia. Dimana kata tech sendiri berarti keahlian dan logia memiliki arti pengetahuan.

Untuk lebih rincinya lagi, dibawah ini sudah kami sedikit jabarkan mengenai pengertian teknologi dan berbagai macam hal yang berkaitan dengan pengertian teknologi. Yuk kita simak artikel ini sampai selesai, supaya kita tidak salah paham dalam mengartikan pengertian teknologi.

Pengertian Teknologi
Teknologi dapat diartikan sebagai suatu sarana dan prasarana yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menyediakan berbagai macam barang yang diperlukan guna keberlangsungan dan kenyamanan bagi hidup manusia itu sendiri.

Dalam pengertian lain juga, teknoogi diartikan sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan memperdalam mengenai keterampilan dalam menciptakan suatu alat, metode pengolahan, atau ekstraksi benda. Hal tersebut diciptakan untuk membantu menyelesaikan berbagai macam permasalahan dan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian teknologi ialah segala macam keperluan dan juga sarana yang berbentuk berbagai macam peralatan atau juga sistem yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan juga kemudahan bagi segala aktivitas manusia.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli
Selanjutnya, pengertian teknologi juga sudah dijabarkan oleh beberapa ahli. Nah dibawah ini kami tampilkan beberapa pendapat yang sudah dijabarkan oleh beberapa ahli dalam teknologi.

1.       M. Maryono
Menurut Maryono, teknologi adalah suatu pengembangan atau penerapan dari berbagai peralatan atau juga sistem untuk menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannya sehari- hari.

2.       Read Bain
Read Bain mengungkapkan pengertian teknologi pada tahun 1937. Menurutnya teknologi adalah segala hal yang mencakup semua mesin, alat, perlengkapan, peralatan, perumahan, senjata, transportasi, pakaian, dan komunikasi perangkat serta juga keterampilan-keterampilan yang dapat memungkinkan kita sebagai manusia untuk memproduksinya.

3.       Ursula Franklin
Sedangkan menurut Ursula Frankling, teknologi ialah salah satu cara yang praktis untuk menggambarkan bagaimana cara kita semua sebagai manusia menciptakan hal-hal yang baru di suatu tempat.

4.       Miarso
Ahli selanjutnya yang menjabarkan pendapatnya mengenai pengertian teknologi ialah Miarso. Menurutnya pengertian teknologi ialah suatu bentuk dari suatu proses yang memberikan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu, dimana produk tersebut tidak terpisah dari produk-produk lain yang sudah ada.

Hal tersebut juga menyatakan bahwa teknologi merupakan suatu bagian integral dari apa yang terkandung dalam sebuah sistem tertentu.

Dari beberapa pengertian teknologi diatas, dapat kita simpulkan bahwa teknologi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia guna membantu segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia tersebut.



Manfaat Teknologi
Pengertian Teknologi – Bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwasanya teknologi sangat dibutuhkan dan diperlukan oleh manusia. Mengapa demikian ? Sangat banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil apabila kita menggunakan teknologi. Selain untuk membantu aktivitas kita, dibawah ini merupakan manfaat-manfaat yang dapat kita ambil dari penggunaan kita terhadap teknologi.

1.       Bidang Pendidikan
Sebelum adanya teknologi, sistem pembelajaran yang dilakukan di tempat-tempat pendidikan dilaksankan secara konvensional yaitu dengan cara pengajar yang menyuguhkan materi secara face to face di hadapan para siswa.

Namun, setelah adanya internet dapat diciptakan suatu sistem pembelajaran yang lebih modern lagi atau lebih dikenal dengan e-learning system.

Pada sistem ini juga pengajar tidak harus selalu berada di hadapan siswa untuk memberikan pembelajaran, akan tetapi bisa juga dilakukan secara maya dengan memanfaatkan sistem tersebut. Dengan sistem ini juga, pengajar akan lebih mudah untuk memberikan penilaian terhadap pemahaman yang diraih oleh setiap siswa.

2.       Bidang Transportasi
Dengan adanya perkembangan teknologi juga ternyata mempengaruhi dunia transportasi.  Apabila kita lihat pada zaman dahulu saja, sebelum adanya kendaraan seperti sepeda motor, bus, mobil atau yang sejenis lainnya, maka untuk dapat datang ke suatu lokasi maka kita harus berjalan kaki terlebih dahulu agar sampai ketempat tersebut.

Akan tetapi, setelah adanya teknologi berupa kendaraan yang ada pada saat ini kita bisa dengan mudah melakukan perjalanan ke bebagai macam lokasi di dunia dengan sangat mudah dan cepat. 

3.       Bidang Kedokteran
Seperti yang sudah kita ketahui pada saat ini, penggunaan teknologi untuk bidang kedokteran sudah berkembang dengan sangat pesat. Mengapa demikian ? Teknologi angat membantu dunia kedokteran contohnya aja kita tidak uah lagi melakukan cek rutin ke rumah sakit untuk mengecek kesehatan.

Karena, pada saat ini sudah tersedia berbagai macam aplikasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk menjawab semua keluhan yang ada mengenai kesehatan yang kita derita. Jawaban yang ada pada aplikai tersebut juga bukan jawaban sembarangan karena ditangani secara langsung oleh para dokter yang professional dibidangnya.

4.       Bidang Komunikasi
Teknologi berupa komunikasi yang ada pada saat ini seperti handphone, tablek, smartphon, dan lain sebagainya merupakan seluruh teknologi yang diciptakan denga tujuan memudahkan manusia dalam melakukan komunikasi dengan kerabatnya tanpa harus bertatap muka secara langsung.

5.       Bidang Bisnis
Di bidang bisnis, teknologi juga sangat membantu pekerjaan manusia. Contohnya saja mesin Automated Teller Machine atau yang biasa disingkat ATM. Mesin ATM juga menjadi salah satu bukti dalam perkembangan teknologi yang dioperasikan dengan otomatis menggunakan perangkat komputer.

Macam-Macam Teknologi

Dalam pembagiannya, teknologi dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya ialah :

1.       Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi bisa diartikan sebagai salah satu perangkat yang sangat memungkinkan setiap individu agar saling mengirimkan atau juga menerima informasi ataupun data-data kepada orang lain.

2.       Teknologi Informasi
Teknologi informasi atau yang biasa disebut dengan TI atau IT merupakan suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam memberikan berbagai macam informasi dalam waktu yang relatif cepat.

3.       Teknologi Transportasi
Perkembangan teknologi transportasi ini diawali dengan dimanfaatkannya tenaga hewan, salah satunya ialah kuda. Hingga dibuatkannya teknologi yang dijalankan dengan mesin yang kegunaannya juga sama dengan teknologi-teknologi sebelumnya.

Nah demikian teman-teman beberapa ulasan kita mengenai pengertian teknologi dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian teknologi tersebut. Semoga artikel dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi amal baik di suatu hari nanti. Terimakasih sudah membaca hingga selesai, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

0 Response to "Pengertian TEKNOLOGI Menurut Para Ahli, Manfaat dan Macam2 [LENGKAP]"

Post a Comment