Pengertian Moral, Fungsi, Arti Tujuan dan Wujud Moral


Pengertian Moral – Pada zaman yang sudah modern ini, sikap dan perilaku kita sangatlah berpengaruh dalam berkehidupan bermasyarakat. Karena hal tersebut dapat membantu kita dalam bersosialisasi dalam mayarakat dengan baik dan benar.

Nah untuk mempunyai sikap dan perilaku yang baik inilah setiap individu kita haruslah mempunyai moral. Dimana moral terebutlah yang akan menimbulkan sikap dan perilaku baik kita. Dengan moral seseorang akan tau apa-apa saja yang harus dia lakukan saat berkehidupan bermasyarakat.

Tidak hanya dalam lingkungan sekitar tempat tinggal saja, moral juga akan berguna saat orang tersebut berada diluar lingkungan tempat dimana ia tinggal.

Nah teman-teman, untuk kalian yang masih bingung apa sih itu moral. Disini kita akan sedikit membahas pengertian dari moral tersebut dan beberapa hal yang berkaitan dengan moral yang harus kalian ketahui, agar kalian dapat diterima dengan baik di lingkungan masyarakat kalian tinggal maupun diluar itu.

Sedikit untuk pembukaan, moral sendiri merupakan istilah yang biasa digunakan oleh seseorang untuk menyebut manusia lain yang memiliki nilai positif. Jadi disini setiap orang yang memiliki nilai positif akan dinilai bermoral oleh orang lain sebagai penghargaan atas tindakan positif yang telah ia perbuat.

Sedangkan lawan dari moral ini ialah amoral. Berlawanan dengan moral, amoral merupakan tindakan yang tidak positif dan dinilai tidak memiliki etika dan nilai positif dimata orang lain.

Nah teman-teman dibawah ini merupakan beberapa pengertian moral dan beberapa hal yang berkaitan dengan moral, yuk kita simak artikel ini sampai habis, supaya kita tidak salah paham.

Pengertian Moral
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), moral diartikan sebagai ajaran tentang baik atau buruk yang diterima secara umum oleh masyarakat. Dalam arti lain moral dapat juga diartikan sebagai suatu hukum sikap dan tingkah laku yang diterapkan kepada setiap-setiap individu dalam melakukan sosialisasi dengan sesamanya, nah karena hal tersebutlah terjalin rasa hormat serta menghormati antar sesama.

Moral juga sering dikait-kaitkan dengan segala sesuatu yang mempunyai hubungan dengan prinsip-prinsip tingkah laku antara lain diantaranya ialah budi pekerti, akhlak, dan mental, yang dimana hal-hal tersebut dapat membentuk karakter dalam diri orang tersebut sehingga dapat menilai dengan benar apa yang baik dan buruk dari orang tersebut.

Moral merupakan produk yang diciptakan oleh budaya dan agama yang didalamnya telah mengatur cara berinteraksi baik itu interaksi dalam perbuatan, perilaku, maupun ucapan diantar sesama manusia. Atau dalam kata lain, istilah moral ini merujuk kepada suatu tindakan atau perilaku seseorang yang mempunyai nilai positif sesuai dengan norma yang telah ada di suatu lingkungan masyarakat.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli
Pengertian Moral – Selanjutnya, dibawah ini merupakan pengertian menurut beberapa para ahli.

1.       Maria J. Wantah
Maria J Wantah berpendapat bahwa pengertian moral merupakan segala sesuatu yang aling berhubungan dengan kemampuan untuk menentukkan benar atau salah serta baik atau buruknya suatu perilaku yang ada pada diri seseorang.

2.       Elizabeth B. Hurlock
Menurut Elizabeth B. Hurlock, arti moral ialah suatu tata cara, kebiasaan, dan adat istiadat dari suatu peraturan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan bagi seseorang yang berkecimpung dalam suatu budaya dalam masyarkat.

3.       Russel Swanburg
Menurut Russel Swanburg, pengertian moral merupakan segala suatu pernyataan dari pemikiran seseorang  yang saling berhubungan dengan keantusiasan seseorang dalam melakukan pekerjaan dimana hal itu dapat menjadai pemicu timbulnya perilaku seseorang tersebut.

Beberapa hal diatas merupakan pengertian-pengertian yang telah diutarakan oleh beberapa ahli, sebenarnya masih banyak ahli yang berpendapat mengenai pengertian moral ini.

Tujuan dan Fungsi Moral
Nah teman-teman selanjutnya yang kita bahas ialah tujuan dan fungsi dari moral itu sendiri. Adanya suatu hal yang dibuat pasti memiliki tujuan dan fungsi yang nantinya diharapkan agar dapat bermanfaat bagi orang lain atau orang banyak. Nah begitu juga dengan moral, moral ini ada agar memiliki manfaat untuk orang banyak.

Yuk kita simak beberapa hal yang menjadi tujuan dan fungsi dari moral.
1.       Untuk menjamin terlaksananya harkat dan martabat pribadi seseorang dan kemanusiaannya.
2.       Untuk memberikan motivasi kepada seseorang agar dapat bersikap dan bertindak dengan penuh kebaikan serta kebajikan yang didasari dengan kesadaran kewajiban serta dilandasi moral.

3.       Untuk menjaga kerukunan hubungan sosial antar manusia, karena moral dapat dijadikan landasan rasa percaya terhadap sesama manusia.

4.       Dapat membuat manusia menjadi lebih bahagia baik secara rohani maupun jasmani, karena menjalankan fungsi moral  tidak akan ada rasa penyesalan, konflik batin, maupun perasaan berdosa atau kecewa.

5.       Moral dapat memberikan pengetahuan tentang masa depan kepada manusia, baik itu sanksi sosial maupun konsekuensi dalam kehidupan. Sehingga manusia akan melakukan pertimbangan sebelum bertindak dan tindakan yang diambilpun dapat dipertanggung jawabkan.

6.       Moral dalam diri seseorang juga dapat memberikan dasar kesabaran dalam bertahan di setiap dorongan naluri serta keingingan atau nafsu yang berpotensi mengancam harkat serta martabat pribadi.

Nah teman-teman itu tadi merupakan tujuan dan fungsi dari moral. Dengan adanya tujuan dan fungsi tersebut kita menjadi tau betapa pentingnya moral tersebut untuk kita miliki.

Wujud dan Jenis Moral
Moral sendiri dibagi menjadi beberapa wujud atau jenis. Berikut ini merupakan jenis-jenis dari moral.
1.       Moral Ketuhanan

Moral Ketuhanan merupakansegala sesuatu yang memiliki hubungan dengan keagamaan/religius berdasarkan dengan ajaran agama tertentu serta pengaruhnya terhadap pribadi diri seseorang.
Wujud moral ketuhanan dapat dicontohkan misalnya yaitu melaksanakan ajaran agama yang dianut dengan sebaik-baiknya. Contoh dari moral ketuhanan ialah menghargai antar sesama manusia, menghargai perbedaan agama, dan hidup rukun dengan tetangga maupun masyarakat

2.       Moral Ideologi dan Filsafat
Moral ideologi dan filsafat merupakan segala hal yang saling berhubungan dengan semangat kebangsaan dan loyalitas kepada cita-cita bangsa serta negara.

Wujud dari moral ideologi dan filsafat ialah misalnya menjunjung tinggi apa yang sudah menjadi dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

3.       Moral Etika dan Kesusilaan
Moral Etika dan Kesusilaan ialah segala sesuatu yang saling berkaitan dengan etika atau kesusilaan yang telah dijunjung tinggi oleh suatu masyarakat, bangsa, dan negara baik itu secara budaya maupun tradisi.

Wujud dari moral etika dan kesusilaan, misalnya yaitu menghargai orang lain yang mempunyai pendapat yang berbeda dengan kita baik itu dalam perkataan atau juga perbuatan.

4.       Moral Disiplin dan Hukum
Moral Disiplin dan Hukum merupakan segala sesuatu yang memiliki hubungan dengan kode etika profesional dan hukum yang telah ada di masyarakat dan di negara.

Wujud dari moral disiplin dan hukum, misalnya menjalankan suatu aktivitas berdasarkan dengan peraturan yang sedang berlaku.

Wujud dari moral ini merupakan pembagian dari moral-moral yang ada dalam kehidupan bermasyarakat.

Nah itu tadi merupakan beberapa pengertian moral dan hal-hal yang berkaitan dengan moral tersebut. Terimakasih sudah baca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ya agar semakin banyak mengetahui semakin dalam mengenai pengertian moral.

0 Response to "Pengertian Moral, Fungsi, Arti Tujuan dan Wujud Moral"

Post a Comment