Pengertian Sejarah, Menurut Para Ahli, Sumber dan Unsur-Unsur Sejarah


Pengertian Sejarah – Jangan Lupakan Sejarah, merupakan kata-kata yang diucapkan oleh Bapak Proklamator Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Karena sejarah juga lah peradaban masa kini ada. Sejarah juga tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Hari ini akan menjadi sejarah di masa yang akan datang.

Nah teman-teman pada artikel kali ini kita akan coba mengulas sedikit mengenai pengertian sejarah.
Sejarah dapat diartikan sebagai suatu kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi pada masa lampau dan dapat diketahui dengan peninggalan-peninggalan yang ada pada masa itu.

Definisi lain mengartikan bahwa sejarah ialah salah satu cabang ilmu yang melakukan kajian-kajian secara sistematis dan berurutan berkaitan dengan seluruh perkembangan dan proses perubahan serta dinamika kehidupan dalam bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau.

Apabila diartikan secara sempit sejarah merupakan suatu kejadian atau juga peristiwa. Dan Sedangkan dalam arti yang luas, sejarah diartikan sebagai suatu peristiwa manusiawi yang memiliki akar dalam merealisasikan diri dengan segala kebebasan dan keputusan daya rohani.

Sejarah juga dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu mengenai masa lampau. Sejarah adalah ilmu yang berkaitan dengan sebab dan akibat. Dalam sejarah sendiri, suatu peristiwa atau kejadian akan menjadi lebih bermakna apabila mereka mengetahui sebab mengapa hal tersebut terjadi.

Selain beberapa pengertian sejarah diatas, sejarah juga memiliki definisi-definisi yang telah diutarakan oleh para ahli. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai pengertian sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan pengertian sejarah tersebut.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Secara bahasa sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajaratun yang mempunyai arti sebagai pohon kayu yang mempunyai cabang-cabang. Pohon kayu yang bercabang-cabang inilah yang diibaratkan sebagai sejarah, mengapa demikian ? Karena sejarah selalu berkembang dari satu titik kejadian dan kemudian bercabang ke setiap titik kejadian lain yang memiliki hubungan satu sama lain.

Pohon yang memiliki berbagai macam cabang juga seperti diibaratkan sebagai suatu silsilah keturunan yang terdiri dari setiap individu, raja atau orang-orang penting yang hidup pada masa lampau.

Berikut ini merupakan pendapat beberapa ahli mengenai pengertian sejarah.

1.       Herodotus
Apabila kita membahas sejarah, maka tokoh yang satu ini tidak bisa kita lupakan karena pemikirannya mengenai sejarah. Pengertian sejarah menurut pendapat Herodotus ialah sebuah kajian dimana didalamnya menceritakan bagaimana perputaran seseorang atau suatu peradaban, baik itu mengenai jatuh maupun bangunnya peradaban tersebut.

2.       Aristoteles
Aristoteles mengartikan sejarah sebagai suatu sistem yang meneliti mengenai suatu kejadian dan tersistematis secara kronologis. Peristiwa atau kejadian yang disusun tersebut haruslah memiliki catatan atau dalam bentuk lainnya sebagai bukti atas kebenaran kejadian yang sudah disusun tersebut.

3.       Kuntowijoyo
Kuntowijoyo mendefinisikan sejarah sebagai salah satu fakta yang disajikan secara empris, ideografis, diakronis dan unik.

Sejarah mempunyai sifat ideografis dikarenakan ejarah menggambarkan tentang sesuatu, sedangkan diakronis karena disajikan berdasarkan dengan waktu dan empiris artinya sejarah tersebut bersandar pada suatu pengalaman manusia yang sudah benar-benar terjadi.

Diatas tadi hanya beberapa pengertian yang telah diutarakan oleh para ahli, sebenarnya masih banyak lagi para ahli sejarah yang telah mengutarakan pendapatnya.



Sumber Sejarah

Sumber sejarah inilah yang menjadi dasar dan pedoman adanya sejarah. Ada beberapa sumber sejarah yang wajib untuk kalian ketahui. Berikut ini merupakan sumber-sumber sejarahnya.

1.       Sumber Lisan
Sumber sejarah yang pertama ialah berasal dari lisan ialah keterangan berkaitan dengan sejarah yang didapatkan dari pelaku sejarah tersebut atau saksi sejarah yang menyaksikan secara langsung.
Contoh dari sumber lisan ialah keterangan dari seseorang anggota dari Legiun Veteran Republik Indonesia atau yang disingkat LVRI yang pernah ikut dalam bertempur.

2.       Sumber Tulisan
Sumber-sumber sejarah yang berasal dari berbagai macam tulisan-tulisan dari hasil peninggalan orang-orang di masa yang lampau. Beberapa contoh sumber sejarah yang berasak dari berbagai bentuk tulisan misalnya antara lain surat kabar, naskah, babad, dokumen, rekaman, dan juga lain sebagainya.

3.       Sumber Benda
Sumber sejarah lainnya yaitu yang berbentuk artefak atau benda-benda peninggalan kebudayaan manusia pada masa lampau. Contoh sumber sejarah yang dari benda yaitu candi, perhiasan, kapak, gerabah, patung, dan lain sebagainya.

Unsur-Unsur Sejarah

Dalam pengertiannya, sejarah juga memiliki beberapa unsur-unsur yang melekat pada sejarah itu sendiri. Nah dibawah ini merupaka beberapa unur-unsur yang terdapat pada suatu sejarah.

1.       Ruang
Ruang ialah tempat yang menjadi kejadian suatu sejarah dan ruang juga dapat dijadikan bukti sejarah yang nyata.

2.       Waktu
Unsur sejarah yang satu ini selalu berkaitan dengan waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah dan unsur ini juga dapat menjelaskan secara kronologis dalam kajian sejarah.

3.       Manusia
Manusia menjadi unsur terpenting terjadinya sejarah. Karena manusia merupakan subjek dari setiap peristiwa yang terjadi dalam sejarah.

Ketiga unsur diatas merupakan ciri-ciri dari sejarah, tanpa adanya ketiga unsur diatas maka tidak akan terjadi suatu sejarah yang akan dikenang dimasa yang akan mendatang.

Konsep Sejarah

Konsep sejarah merupakan suatu wujud dari kemampuan logika dalam memunculkan gambaran baru yang memiliki sifat abstrak yang berdasarkan kepada suatu kajian. Ada beberapa hal yang termasuk ke dalam konsep sejarah diantaranya ialah :

·         Sejarah dijadikan sebagai peristiwa, maksudnya kajian mengenai suatu kenyataan, kejadian atau aktualisasi dari sejarah yang sudah terjadi di masa lalu.

·         Sejarah dapat dijadikan sebagai kisah, yaitu maksudnya sejarah dijadikan sebagai suatu narasi yang menjabarkan berkaitan tentang cerita berdasarkan dari ingatan, tafsiran, atau kesan manusia.

·         Sejarah juga dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan, yaitu dalam sejarah didalamnya mempelajari suatu sejarah dengan melakukan beberapa penelitian serta kajian terhadap cerita dari suatu sejarah.

·         Sejarah sebagai seni, maksudnya ialah proses penulisan suatu sejarah yang membutuhkan gaya bahasa, imajinasi, dan intuisi serta emosi.

Kaitan Sejarah dan Ilmu
Sejarah sangat erat sekali hubungannya dengan ilmu pengetahuan, akan tetapi ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Nah dibawah akan sedikit kami jelaskan mengenai persamaan dan perbedaan antar sejarah dan ilmu pengetahuan.

·         Persamaan sejarah dan ilmu, keduanya sama-sam mengandung dasar metode dan teori dimana dalam proses keduanya dilakukan berdasarkan dari pengalaman, pengamatan, dan penyerapan.

·         Sedangkan perbedaan sejarah dan ilmu pengetahuan ialah, sejarah sangat terikat dengan waktu, tempat, dan juga kekhususan. Sedangkan ilmu pengetahuan tidak sama sekali terikat dengan ketiga hal tersebut.

Setelah kita pahami bacaan diatas, ternyata antar sejarah dan ilmu pengetahun memiliki beberapa perbedaan dan juga persamaan. Maka dari itu dapat kita simpulkan antara keduanya ini memiliki kaitan yang sangat erat dalam kehidupan manusia.

Demikian teman-teman beberapa penjelasan kami mengenai pengertian sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan pengertian sejarah itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dikemudian hari. Terimakasih telah menyempatkan waktu kalian untuk membaca artikel ini sampai habis.

0 Response to "Pengertian Sejarah, Menurut Para Ahli, Sumber dan Unsur-Unsur Sejarah"

Post a Comment