Pengertian Pasar, Fungsi Pasar, Jenis2 Pasar dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)


Pengertian Pasar – Setiap kita pasti sudah tidak asing lagi dengan pasar. Pasar menjadi salah satu tempat yang sangat sering dikunjungi oleh masyarakat secara umum.

Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Pengertian pasar juga tidak merujuk pada suatu tempat ataupun lokasi, karena pengertian pasar tidak mempunyai batasan geografis. Pasar juga menjadi salah satu tempat berlangsungnya kegiatan ekonomi. Karena di pasar terdapat kegiatan jual beli.

Pasar pada zaman sekarang juga sudah bermacam-macam, seperti pasar tradisional yang sudah ada sejak dahulu dan pasar modern seperti supermarket-supermarket yang ada pada saat ini.

Pengertian pasar sendiri apabila diartikan secara umum ialah sebuah tempat dimana tempat tersebut menjadi lokasi bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli, baik itu dalam bentuk barang maupun bentuk jasa.

Untuk lebih jelasnya lagi, dibawah ini akan kami jabarkan sedikit beberapa pengertian pasar dan hal-hal yang berkaitan dengan pasar.

Pengertian Pasar
Selain diartikan secara umum, pasar juga dapatr diartikan sebagai lokasi dimana berkumpulnya siu penjual dan calon pembeli, baik bertemu secara langsung maupun tidak langsung, namun saling berhubungan untuk melaksanakan pertukaran, baik dalam barang ataupun jasa.

Pasar juga diartikan menjadi salah satu dari berbagai macam sistem, prosedur, institusi, hubungan sosial dan juga infrastruktur lokasi usaha dalam menjual barang,  jasa, atau tenaga kerja yang ditujukan untuk orang-orang yang akan memberikan imbalan uang.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar diartikan sebagai tempat berkumpulnya sekumpulan orang yang akan melakukan kegiatan transaksi jual beli. Pasar merupakan suatu lokasi yang ditujukan untuk kegiatan jual beli yang dilaksanakan oleh suatu organisasi tertentu atau sebuah perkumpulan dengan tujuan untuk memperoleh derma atau keuntungan.

Dari beberapa pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa pasar ialah suatu tempat yang menjadi lokasi berkumpulnya orang-orang atau penjual dan pembeli yang akan melakukan kegiatan transaksi jual beli baik itu berupa barang maupun jasa.

Pengerti Pasar Menurut Para Ahli
Pengertian Pasar – Selain beberapa pengertian diatas, ada beberapa ahli yang telah mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pengertian pasar. Berikut ini merupakan pengertian pasar yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli.

1.       William J. Stanton
William J. Stanton berpendapat bahwa pengertian pasar ialah sekumpulan orang yang akan meraih kepuasan dengan cara menggunakan uangnya untuk berbelanja, dan mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

2.       Kotler dan Amstrong
Selain Willian J. Stanton, Kotler dan Amstrong juga mempunyai pendapat berkaitan dengan pengertian pasar, menurut Kotler dan Amstrong pasar ialah sejumlah pembeli yang aktual dan juga memiliki potensi dari suatu produk maupun jasa. Besar atau kecilnya pasar tergantung terhadap jumlah orang yang memiliki kebutuhan dan ingin melakukan transaksi.

3.       Simamora
Simamora juga berpendapat bahwa pasar ialah sekumpulan orang yang mempunyai keperluan dan keinginan pada suatu produk tertentu, mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membeli produk yang diinginkan tersebut, dan mempunyai kesempatan untuk mengambil keputus andan membeli suatu produk.

4.       Handri Ma’aruf
Menurut Handri Ma’aruf, pasar ialah tempat bertemunya antara penjual dengan pembeli, dimana di tempat itu terjadi suatu interaksi permintaan dan juga penawaran antara penjual dan pembeli sehingga terjadi suatu transaksi jual dan beli.



Ciri-Ciri Pasar
Selain pengertian pada artikel ini kami juga akan menjelaskan mengenai tentang ciri-ciri dari pasar. Berikut ini merupakan ciri-ciri pasar yang harus kamu ketahui.

1.       Adanya barang ataupun jasa yang akan diperjualbelikan
2.       Adanya suatu transaksi jual beli
3.       Adanya proses permintaan dan penawaran
4.       Terjadinya suatu interaksi antara penjual dan pembeli
5.       Transaksi tersebut terjadi pada saat ada kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Tempat yang memiliki ciri-ciri diatas lah yang dapat dikatan sebagai pasar. Tanpa ciri-ciri tersebut tempat tidak dapat dikatan sebagai pasar.

Klasifikasi Pasar
 Pasar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan juga pasar modern :

1.       Pasar tradisional
Pengertian pasar tradisional ialah sebuah tempat dimana tempat tersebut menjadi tempat bertemunya antara para penjual dan pembeli dan ditempat itu jugalah terjadi suatu proses jual beli secara langsung yang biasanya akan terjadi proses tawar menawar sebelum terjadinya transaksi jual beli.

Pada umumnya bentuk bangunan dari pasar tradisional ini berbentuk kios, los, atau juga gerai.
Barang-barang yang ada di pasar tradisional pada umumnya barang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau barang lain yang dapat tahan lama.

2.       Pasar modern
Sedangkan pasar modern ialah suatu tempat bertemunya antara penjual dan pembeli dan keduanya melakukan suatu transaksi. Akan tetapi, di pasar modern ini tidak ada suatu proses tawar menawar karena barang yang dijual tersebut sudah diberi label dengan harga pas.

Wujud dari pasar modern ini berada di dalam bangunan, dimana semua pelayanannya dilakukan secara mandiri atau biasa disebut swalayan, dan juga bisa dilayani oleh seorang pramuniaga dari pasar modern tersebut.



Jenis-jenis Pasar
selain klasifikasi, pasar juga dibagi menjadi beberpa jenis. Berikut ini merupakan pembagian jenis-jenis pasar :

1.       Pasar Berdasarkan Sifat dan Waktu Kegiatannya
Berdasarkan sifat dan waktu kegiatan, pasar dibagi menjadi empat, diantaranya :
·         Pasar harian adalah pasar yang waktu kegiatannya dilakukan setiap hari, salah satu contohnya ialah pasar tanah abang.
·         Pasar mingguan : pasar yang waktu kegiatannya hanya satu kali dalam seminggu, contohnya ialah pasar minggu.
·         Pasar tahunan : pasar yang waktu kegiatannya hanya dilakukani sekali dalam kurun waktu satu tahun, contohnya ialah Pasar Raya Jakarta (PRJ)
·         Pasar Temporer : pasar ini waktu kegiatannya hanya terjadi pada waktu tertentu saja, contohnya ialah pasar bazar murah.

2.       Pasar Berdasarkan Wujudnya
·         Pasar konkret atau pasar nyata adalah pasar dimana terjadinya suatu hubungan secara langsung antara penjual dan juga pembeli, contohnya ialah pasar tradisional atau pasar swalayan
·         Pasar Abstrak pasar tak nyata adalah pasar dimana terjadinya suatu pertemuan secara langsung antara penjual dan juga pembeli, akan tetapi barang yang diperjualbelikan tidak secara langsung, contohnya pasar modal.

3.       Pasar Berdasarkan Jangkauannya
·         Pasar lokal adalah jenis pasar yang pelaksanaannya dalam lokasi atau hanya daerah tertentu, contohnya ialah pasar Tanah Abang.
·         Pasar nasional adalah jenis pasar yang dapat menjangkau pembeli dalam satu negara. Maksudnya disini ialah, pasar nasional ini bisa melayani permintaan dari pembeli yang berasal dari berbagai daerah dalam satu negara.
·         Pasar internasional adalah jenis pasar yang penjualannya sudah dapat menjangkau ke berbagai negara di seluruh dunia.

4.       Pasar Berdasarkan Bentuk dan Strukturnya
·         Pasar Persaingan Sempurna adalah jenis pasar yang di dalamnya ada banyak pembeli dan penjual dan mereka juga sudah paham mengenai keadaan pasar tersebut.

·         Pasar Persaingan Tidak Sempurna adalah jenis pasar yang di dalamnya terdiri dari beberapa penjual yang lebih memahami keadaan pasar, jumlah penjual pada pasar persaingan tidak sempurna biasanya tidak terlalu banyak.

Demikian teman-teman beberapa penjelasan kami mengenai pengertian pasar dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian pasar tersebut. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai habis, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk tersu membaca artikel kami yaa.

0 Response to "Pengertian Pasar, Fungsi Pasar, Jenis2 Pasar dan Menurut Para Ahli (LENGKAP)"

Post a Comment