Pengertian Pendidikan, Tujuan, Definisi, Fungsi beserta Jenisnya



Pengertian Pendidikan – Pendidikan menjadi hal yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Dengan adanya pendidikan, seseorang akan menjadi sosok yang dipandang di lingkungan masyarakat. Semakin tinggi pendidikan maka semakin baik juga dipandang di kalangan masyarakat.
Begiutu juga sebaliknya, apabila semakin rendah pendidikan seseorang maka akan semakin buruk pandangan masyarakat tentang dirinya.

Begitulah pandangan masyarakat mengenai pendidikan, maka dari itu setiap orang akan terus berusaha untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya.

Pendidikan dalam islam juga menjadi penting karena dalam Q.S. Al-Mujadalah ayat 11, Allah menjelaskan bahwasanya Allah akan meninggikan orang yang beriman dan orang yang diberi ilmu pengetahuan.

Berdasar pada dalil tersebut, berarti dengan mempunyai ilmu pengetahuan Allah akan meninggikan derajat orang tersebut.

Pendidikan sendiri apabila diartikan secara umum berarti suatu proses dalam memperoleh pembelajaran pengetahuan, keterampilan, atau juga kebiasaan beberapa manusia yang sudah diwariskan dari suatu generasi ke generasi yang selanjutnya melalui jalan pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pendidikan adalah proses dalam mengubah perilaku dan juga sikap seseorang atau kelompok dengan upaya menyelenggarakan pelatihan dan pengajaran.            
           
Sedangkan pendidikan apabila diartikan secara etimologis berasal dari bahasa Inggris yaitu “education”. Educatum tersusun dari dua kata yaitu “E” dan “Duco”. Duco memiliki arti yakni sesuatu yang sedang mengalami proses perkembangan. Sementara E ialah perkembangan yang sedang terjadi dari dalam.

Jadi menurut dua kata diatas, pengertian pendidikan ialah suatu proses yang dijalankan oleh manusia untuk mengembangkan dirinya agar dapat menjadi sebaik mungkin dari dalam.
Cara untuk mendapatkan pembelajaran sendiri dibagi menjadi dua yaitu pendidikan non formal dan pendidikan formal.       
            
Selain beberapa pengertian diatas, berikut ini akan kami jelaskan juga pengertian pendidikan menurut para ahli dan juga hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.



Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Beberapa ahli telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pendidikan itu sendiri. Berikut ini merupakan jabaran pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli.

1.       Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Indonesia berpendapat bahwa pendidikan merupakan tuntutan yang ada dalam hidup berkembangnya anak-anak, maksudnya disini ialah, pendidikan yaitu menuntun kepada kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak tersebut, supaya nantinya mereka menjadi manusia dan sebagai anggota masyarakat yang dapat mencapai tingkat keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Pendidikan adalah upaya sadar dalam menyiapkan peserta didik melalui beberapa kegiatan seperti  bimbingan, pengajaran, atau pelatihan yang peranannya akan terasa di masa yang akan datang.    
  
2.       Ahmad D. Marimba
Ahmad D. Marimba berpendapat bahwa, pengertian pendidikan ialah suatu bimbingan yang dilaksanakan secara sadar oleh para pendidik yang mempunyai perkembangan pada jasmani dan rohani terdidik agar dapat terbentuknya kepribadian yang utama.

3.       H. Horne
Sedangkan menurut H. Horne, pendidikan ialah proses yang dilaksanakan secara terus menerus atau abadi terhadap penyesuaian yang lebih tinggi bagi sebagian makhluk manusia yang sudah berkembang baik secara fisik maupun mental, yang bebas dan juga sadar kepada Tuhan Yang Maha Esa, seperti sudah termanifestasi dalam alam sekitar yang intelektual, emosional dan juga kemanusiaan dari manusia.            

4.       Martinus Jan Langeveld
Berdasarkan pada pendapat Martinus Jan Langeveld, yang dimaksud dengan pendidikan ialah upaya dalam menolong anak agar bisa melakukan tugas hidupnya dengan mandiri supaya anak itu bisa bertanggung jawab atas perbuatannya secara susila.

Pendidikan juga merupakan upaya manusia dewasa dalam membina manusia yang belum dewasa agar dapat menuju ke tangga kedewasaan. 

Menurut beberapa pengertian diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pengertian pendidikan ialah suatu proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih dibandingkan dengan sebelumnya. Dalam pendidikan juga seseorang harus mendapatkan bimbingan dari orang yang lebih tau dan pengalaman mengenai suatu ilmu.

Tujuan Pendidikan
Apabila disimpulkan secara umum, tujuan pendidikan ialah agar dapat mencerdaskan dan mengembangkan potensi yang ada di dalam diri para peserta didik. Dengan perkembangan kecerdasan dan juga potensi diri maka setiap peserta didik bisa mendapatkan ilmu pengetahuan, sehat kreativitas, kepribadian yang baik, jasmani dan rohani,  mandiri, dan agar dapat menjadi anggota masyarakat yang lebih bertanggungjawab.

Fungsi Pendidikan
Selain tujuan, pendidikan juga mempunyai fungsi yang berjalan ditengah-tengah masyarakat. Berikut ini merupakan fungsi-fungsi dari pendidikan.

1.       Mempersiapkan semua anggota masyarakat untuk bisa  mendapatkan dan mencari nafkah sendiri.
2.       Membangun dan juga mengembangkan minat serta bakat dalam diri seseorang demi kepuasan pribadi dan juga kepentingan dalam masyarakat umum.

3.       Membantu untuk melestarikan kebudayaan yang sudah ada di masyarakat.
4.       Menanamkan dan menumbuhkan keterampilan yang diperlukan dalam keikutsertaannya pada sistem demokrasi.

5.       Untuk mentransfer atau memindahkan kebudayaan yang telah ada dari satu generasi ke generasi setelahnya.

6.       Memilih bahkan sampai mendidik manusia mengenai peranan sosial.
7.       Memastikan akan terjadinya suatu integrasi sosial di masyarakat.
8.       Lembaga pendidikan yang ada mengajarkan corak kepribadian.
9.       Menjadikan pendidikan sebagai sumber-sumber inovasi sosial dalam lingkup masyarakat.
Itulah tadi beberapa fungsi pendidikan di lingkungan masyarakat yang harus kamu ketahui.

Jenis-Jenis Pendidikan
Pengertian Pendidikan – Dalam hal ini pendidikan dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini merupakan jenis-jenis yang ada di dunia pendidikan.
1.       Pendidikan Formal

Pendidikan formal  ialah suatu jenis pendidikan yang sudah terstruktur dan mempunyai jenjang, yang  dimulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), kemudian pendidikan dasar (SD), lalu pendidikan menengah (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan dilanjutkan pendidikan tinggi (Universitas).

Berikut inimerupakan satuan pendidikan yang diselenggarakan dalam bentuk formal.

·         Taman Kanak-kanak (TK)
·         Raudatul Athfal (RA)
·         Sekolah Dasar (SD)
·         Madrasah Ibtidaiyah (MI)
·         Sekolah Menengah Pertama (SMP)
·         Madrasah Tsanawiyah (MTs)
·         Sekolah Menengah Atas (SMA)
·         Madrasah Aliyah (MA)
·         Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
·         Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
·         Perguruan Tinggi
·         Akademi
·         Politeknik
·         Sekolah Tinggi
·         Institut
·         Universitas

2.       Pendidikan Non Formal
Pendidikan non formal ialah suatu jalur pendidikan yang ditempuh di luar pendidikan formal yang bisa dijalankan dengan tahap yang berjenjang dan juga terstruktur. Jenis pendidikan non formal ini bisa di sama ratakan dengan hasil program-program pendidikan formal dengan proses penilaian dari pihak yang memiliki wewenang.

Berikut ini satuan pendidikan yang menjadi penyelenggara pendidikan non formal.

·         Kelompok bermain (KB)
·         Taman penitipan anak (TPA)
·         Lembaga kursus
·         Sanggar
·         Lembaga pelatihan
·         Kelompok belajar
·         Pusat kegiatan belajar masyarakat
·         Majelis taklim

3.       Pendidikan Informal
Pendidikan informal adalah salah satu jenis pendidikan yang berasal dari keluarga atau lingkungan dimana peserta didik tersebut dapat belajar secara mandiri.

Beberapa ini merupakan yang termasuk dalam pendidikan informal ialah sebagai berikut.

·         Agama
·         Budi pekerti
·         Etika
·         Sopan santun
·         Moral
·         Sosialisasi



Demikian penjelasan kami mengenai pengertian pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Smeoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.

0 Response to "Pengertian Pendidikan, Tujuan, Definisi, Fungsi beserta Jenisnya"

Post a Comment