Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Tujuan, Teknik dan Peraturan Sepakbola


Pengertian Sepak Bola – Tentunya saat kita mendengar kata Sepak Bola sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena olahraga kelompok yang satu ini merupakan olahraga yang paling digemari oleh masyarakat dunia. Terlebih di Indonesia, olahraga ini sangat diminati sekali oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

Sepak Bola juga tiak hanya digemari kaum pria, kaum wanita juga banyak yang menyukai olahraga yang satu ini.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Sepak Bola ? Mengapa olahraga ini sangat digemari oleh masyarakat ? Yuk untuk lebih lengkapnya lagi kita simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian sepak bola secara umum ialah salah satu cabang olahraga yang dalam permainannya menggunakan sebuah bola yang terbuat dari bahan kulit atau karet. Permainan Sepak Bola ini dimainkan oleh dua tim, dimana setiap tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Ada juga yang berpendapat bahwa pengertian sepak bola ialah suatu permainan yang dimainkan dengan cara menendang bola dimana tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Suatu permainan sepak bola akan dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan berdasarkan dengan aturan permainan.

Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut dengan sebutan Football, sedangkan di Negara Amerika Serikat permainan ini disebut dengan sebutan Soccer. Istilah sepak bola sendiri terdiri dari dua kata, yaitu, Sepak yang memiliki arti menendang dengan kaki dan Bola yang artinya sebuah alat permainan yang memiliki bentuk bulat dan terbuat dari bahan kulit atau karet.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Beberapa ahli sudah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian Sepak Bola. Berikut ini merupakan beberapa pendapatnya.

1.       Agus Salim
Agus Salim berpendapat bahwa, pengertian sepak bola ialah salah satu cabang olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki dengan tujuan agar bisa memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke dalam gawang lawan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah disahkan sebelumnya, baik itu dari asosiasi sepak bola atau juga pihak lain yang berwenang.

2.       Soekatamsi
Sedangkan Soekatamsi berpendapat bahwasanya, pengertian sepak bola ialah ialah sebuah permainan beregu yang diperlombakan, dimana setiap regu terdiri atas 11 pemain termasuk juga penjaga gawang.

3.        Muhajir
Selain itu Muhajir mempunyai pendapat mengenai pengertian Sepak Bola. Menurut Muhajir pengertian sepak bola ialah suatu permainan olahraga yang dimainkan dengan cara menyepak bola, dimana tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan dan bertahan agar lawan tidak memasukkan bola ke  gawang kita.

4.       Luxbacher
Menurut Luxbacher, pengertian sepak bola ialah suatu cabang olahrag yang dipertandingkan antara dua tim, dimana setiap tim terdiri atas 11 orang pemain dan dimainkan dengan cara mempertahankan gawang serta berusaha untuk menjebol gawang lawan.

5.       Remmy Muchtar
Menurut Remmy Muchtar, pengertian sepak bola ialah suatu permainan yang dimainkan dengan cara pengolahan bola atau juga dalam pengolahan gerak tubuh dalam permainan.



Sejarah Singkat Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola – Berdasarkan sejarahnya, olah raga sepak bola ini telah dikenal di Tiongkok sejak abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi, yakni pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada saat itu masyarakat Tiongkok menggunakan bola dari kulit dan menyepaknya ke dalam jaring kecil.

Namun selain di Tiongkok, permainan sepak bola juga sudah dikenal di belahan negara lainnya, seperti di negara Jepang, Yunani, dan Roma. Masyarakat Jepang, Yunani, dan Roma pada masa itu melakukan permainan ini hanya untuk bersenang-senang.

Sedangkan Sepak bola modern dimulai di Negara Inggris, disana permainan ini memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan sepak bola ini semakin populer dan terkenal di kalangan masyarakat. Walaupun sudah terkenal, akan tetapi olah raga ini sempat dilarang karena dianggap sepak bola mengandung unsur kekerasan, akan tetapi disamping itu sepak bola ternyata semakin dikenal masyarakat dunia.

Sampai pada akhirnya tahun 1904, dibentuklah organisasi FIFA yang merupakan singkatan dari Fédération Internationale de Football Association. FIFA adalah suatu badan pengendali internasional di bidang sepak bola yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Selanjutnya Sepak bola menjadi salah satu olah raga yang dipertandingkan antar setiap negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertama kali yang diselenggarakan yaitu pada tahun 1930 berlokasi di Uruguay dan kejuaraan sepak bola pertama tersebut dimenangkan oleh Tuan Rumah yaitu Uruguay.

Teknik Dasar Sepak Bola

Dalam memainkan olah raga ini, setiap pemain harus paham dan bisa melakukan beberapa teknik dasar dalam sepak bola. Berikut ini merupakan teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola.
1.       Teknik Menendang Bola
Teknik menendang bola menjadi salah satu faktor yang paling dominan dalam olahraga sepak bola. Berikut in beberapa teknik menendang bola adalah sebagai berikut :

·         Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
·         Menendang bola menggunakan kaki bagian punggung.
·         Menendang bola menggunakan kaki bagian luar.

2.       Teknik Menghentikan Bola
Teknik menghentikan bola ini bertujuan agar dapat menahan atau menghentikan laju bola. Berikut ini merupakan beberapa cara dalam teknik menghentikan bola;

·         Menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar
·         Menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam
·         Menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung
·         Menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak
·         Menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha
·         Menghentikan bola menggunakan dada atau perut
·         Menghentikan bola menggunakan kepala

3.       Teknik Menggiring Bola
Menggiring bola merupakan upaya untuk mendorong atau membawa bola ke arah tertentu diiringi dengan berlari sehingga bola yang digiring bergulir di tanah dan tetap dapat dikuasai oleh pemain. Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk melakukan teknik menggiring bola adalah :

·         Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam
·         Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar
·         Menggiring bola menggunakan punggung kaki
·         Menggiring bola menggunakan kedua kaki secara bergantian

4.       Teknik Menyundul Bola
Teknik menyundul bola ini merupakan gerakan mendorong bola dengan menggunakan kepala yang dilakukan pada saat bola sedang melayang di udara. Tujuan dari teknik ini ialah untuk mendorong bola ke arah yang diinginkan oleh pemain.

5.       Teknik Melempar Bola
Teknik ini hanya digunakan pada saat bola meninggalkan lapangan melalu garis samping lappangan. Cara untuk melakukan teknik ini alah dengan meletakkan bola diatas kepala dan dipegang menggunakan kedua tangan.

Nah demikianlah beberapa penjelasan kami mengenai pengertian sepakbola, terimakasih telah membaca artikel ini sampai habi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menjadi amal baik untuk kita semua di masa yang akan datang nanti. Jangan lupa untuk terus baca artikel kami.

0 Response to "Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Tujuan, Teknik dan Peraturan Sepakbola"

Post a Comment